» Pertanyaan ?

Pertanyaan ?

Pertanyaan ?

Apa itu Bedah Plastik ?

Istilah Bedah Plastik berasal dari bahasa Yunani plasticos, yang artinya “membentuk” (to mold or to form). Bedah Plastik adalah tindakan merubah (memperbaiki) bentuk tubuh dengan menggunakan tehnik ilmu bedah. Jadi, bedah plastik merupakan ranah disiplin kedokteran bedah yang memanfaatkan potensi sifat fleksibilitas jaringan untuk tujuan perbaikan kecacatan fisik dan fungsi anggota tubuh.

 

Apakah Bedah Plastik berarti menggunakan PLASTIK ?

Bedah Plastik adalah tindakan merubah bentuk tubuh dengan menggunakan teknik-teknik ilmu bedah, dan sama sekali tidak menggunakan material bahan dasar plastik. Salah satu ciri khas bedah plastik adalah bentuk atau penampakan menjadi pertimbangan penting disamping fungsi dalam merencakan pembedahannya.

 

Apa beda Bedah Plastik dengan Bedah Kulit?

Seringkali bedah plastik disalah artikan dengan bedah kulit, padahal ruang lingkup bedah plastik jauh lebih luas daripada sekedar pembedahan kulit belaka. Sangat berbeda dengan pengelompokan disiplin ilmu bedah lain yang spesifik mengacu kepada organ-organ yang dilakukan intervensi pembedahan, maka seluruh sistem organ manusia dari ujung rambut kepala sampai ujung jari kaki dapat dicakup pada disiplin ilmu bedah plastik

 

Apa beda Bedah Plastik dengan Bedah Kosmetik?
Bedah Kosmetik bagian dari Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik. Bedah Plastik terdiri atas dua bagian yakni Bedah Rekonstruksi dan Bedah Estetik (Kosmetik).
Bedah Rekonstruksi bertujuan untuk memperbaiki bentuk tubuh (dan fungsinya) yang abnormal (cacat) menjadi mendekati normal.

Bedah Estetik bertujuan merubah bagian tubuh yang sebenarnya normal menjadi super normal.

 

Apakah Bedah Kosmetik itu aman?
Selama dikerjakan di rumah sakit atau klinik yang terakreditasi dan ditangani oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik yang bersertifikasi maka tindakan Bedah Kosmetik sangat aman.

 

Apakah menjalani Bedah Kosmetik harus dirawat inap?
Sebagian besar tindakan Bedah Kosmetik dapat dikerjakan dengan bius lokal sehingga anda tidak perlu rawat inap. Setelah tindakan dengan bius lokal anda bisa langsung pulang pada hari yang sama.

 

Bagaimana saya bisa yakin kalau seorang yang mengaku Ahli Bedah Plastik adalah benar seorang Dokter Spesialis Bedah Plastik yang berkompetensi?

Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik membutuhkan pendidikan selama bertahun-tahun. Sayangnya, terutama di Indonesia, Bedah Plastik sangat banyak dieksploitasi oleh orang-orang tidak berkualifikasi yang menipu publik. Orang-orang ini memakai teknik sederhana dan tidak memenuhi standar keamanan, contohnya injeksi silikon di salon kecantikan yang sangat berbahaya dan membuat penampilan semakin aneh setelah jangka waktu tertentu.

Pertama-tama anda harus yakin dia adalah seorang Dokter yang terdaftar di PERAPI (Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia). Berhati-hatilah, gelar “Professor” atau “Doktor” tidak selalu berarti dia adalah Dokter. Kemudian apabila Dokter tersebut seorang spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dibelakang namanya tercantum gelar SpBP-RE, singkatan dari Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik (gelar ini hanya untuk yang menjalani pendidikan di dua pusat pendidikan Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik yang terdapat di Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Indonesia Jakarta).

Apabila anda masih kurang yakin silakan cek di website Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia : www.perapisurgeon.com

Aesthetic, Plastic & Reconstructive Surgery is just not a job, it's a talent ! Up