» OPERASI SELAPUT DARA PERLUKAH ?
PENGUNJUNG
009871
Visit Today : 23
Visit Yesterday : 26
This Month : 331
This Year : 5500
Total Visit : 9871
Hits Today : 51
Total Hits : 16702

OPERASI SELAPUT DARA PERLUKAH ?

OPERASI SELAPUT DARA PERLUKAH ?

Sadar atau tidak itulah cermin kondisi masyarakat kita di Indonesia. Terlepas dari hukum dan norma yang berlaku saat ini yang jelas aturan yang berlaku di tatanan masyarakat kita adalah bahwa yang dikatakan gadis adalah wanita yang masih perawan. Apa itu perawan? Para gadis sering berbisik bisik dengan menggunakan kata-kata virgin, yang mengisyaratkan bahwa si gadis belum pernah melakukan hubungan badan dengan seorang lelaki. Tetapi pandangan ini lebih diperjelas dengan perkataan selaput dara sang gadis masih utuh -belum pernah robek  atau berdarah. Teringat judul film darah sang perawan, ini menunjukkan begitu tingginya nilai keperawanan di hargai. Bisa dibayangkan begitu malunya orang tua dan sanak keluarga yang mengetahui ternyata anak gadisnya sudah tidak perawan lagi. Berapa banyak kasus pembatalan pernikahan dan perceraian yang di akibatkan oleh sebuah keperawanan. Ternyata selaput dara ini yang menjadi biang keladinya.

Berbicara mengenai keperawanan dan selaput dara memang tiada habisnya. Keperawanan adalah sebuah symbol mistik dan parameter yang dipakai adalah sebuah selaput dara. Selaput dara atau yang lebih dikenal dengan sebutan hymen (merupakan istilah yang menggambarkan dewa pernikahan jaman yunani yaitu ‘hymenaeus’ ) adalah sebuah selaput tipis yang berada di depan pintu liang vagina yang sudah ada sejak lahir. Selaput ini sangat bervariasi baik bentuk maupun keberadaaannya. Sampai saat ini fungsinya masih diperdebatkan hipotesis yang berlaku sampai saat ini adalah hymen berfungsi melindungi vagina pada saat wanita masih bayi.

Tahukah kita bahwa ternyata bentuk dan ketebalan hymen sangat bervariasi? Bahkan ada bayi perempuan yang terlahir tanpa hymen!. Berdasarkan penelitian hanya 41,3 % wanita yang memiliki hymen yang normal. Selebihnya hanya 11,6 % wanita memiliki hymen yang elastis31,3% tebal(tidak elastis), 16,1% yang meiliki hymen yang mudah robek. Penilitian tersebut membuktikan bahwa ketika wanita melakukan hubungan badan untuk pertamakalinya hymen tidak harus berdarah.

VARIASI BENTUK HYMEN

Beberapa variasi bentuk hymen dapat dilihat pada diagram dibawah ini

hymenoplasti 2

 

CARANCULAE HYMENALIS

Adalah bentukan hymen yang telah robek. Robekan biasanya terjadi padal okasi sesuai jam 6/3/12/9( bayangkan bentuk hymen seperti sebuah lingkaran jam dengan asumsi tipe hymen adalah tipe anular

hymenoplasti 1

apakah robekan hymen hanya terjadi pada saat seorang wanita pertama kali melakukan hubungan badan? Jawabannya TIDAK. Banyak faktor penyebab robekan hymen pada seorang gadis antara lain: saat berolah raga keras yang membutuhkan gerakan tungkai yang berlebihan misanya senam, ballet; bisa juga karena kecelakaan bersepeda, terjun ke air dari tempat yang tinggi, masturbasi, atau karena operasi kelainan anus yang melibatkan vagina. Satu lagi, bila tipe hymen adalah inperforate maka seorang dokter harus melakukan insisi(merobek) hymen agar pengeluaran darah menstruasi lancar. Bila tidak dirobek maka akan dapat menyebabkan penyakit yang disebut hematokolpos.

KENAPA SESEORANG INGIN MELAKUKAN OPERASI SELAPUT DARA?

Ironis memang tetapi ini suatu fakta dimana wanita tidak bisa menembus sebuah tirani, sebutan tidak perawan sangat menyayat dan menyakitkan hati. Banyak alasan yang sampai saat ini dibenarkan dan harus diperjuangkan kebenarannya selama belunggu kultur dan budaya tetap mendewakakan sebuah keperawanan. Hilangnya keperawanan karena perkosaan, insest, ataupun rudapaksa lain membuat seorang wanita jatuh ke dasar jurang, merasa sudah tidak dihargai, terbuang!! Belum lagi aturan dalam pekerjaan khusunya bidan militer dimana seorang wanita harus perawan bila ingin menjadi wanita militer, ataupun seorang wanita harus menjalani pemeriksaan keperawanan bila akan menikah dengan seorang perwira militer. Tidak adil memang tetapi sebuah kenyataan yang harus diselesaikan. Kehadiran dokter bedah plastik yang serius mendalami tentang proses restorasi virginitas sedang ditunggu oleh banyak kalangan wanita yang mempunyai problem seperti ini.

 

BAGAIMANA TREN OPERASI SELAPUT DARA SAAT INI

Bagi wanita yang mempunyai alasan mendasar operasi selaput dara sangat patut untuk diperjuangkan. Berbicara tren seiring dengan kebebasan dan emansipasi perempuan tren operasi selaput dara sudah bergeser kebutuhannya seperti yang berkembang di negara yang sudah maju. para wanita sengaja melakukan operasi selaput dara bersamaan dengan operasi pengencangan/ operasi estetik vagina sekedar untuk merayakan hari pernikahan dan ingin merasakan kembali sensasi yang lain bersama pasangannya. Melihat kenyataan ini membuka mata hati kita bahwa operasi selaput dara bukanlah hal yang tabu dan perlu disembunyikan. Sah sah saja secara legal formal maupun tinjauan medis karena ilmu kedokteran berkembang cukup pesat, tinggal bagaimana kita mengatur koridornya.

 

PENGALAMAN dr. HRM DALAM MENEKUNI OPERASI ESTETIK VAGINA DAN SELAPUT DARA

Bermula dari ketertarikan akan kasus rusaknya vagina dan akibat proses pembedahan kelainan bawaan anorektal membuat dr. HRM semakin mempunyai tekad yang kuat untuk mendaami teknik teknik bedah dalam upaya melakukan restorasi virginitas dan pembedahan pada vagina. Dan ternyata kasus kasus perkosaan yang semula membuat para orang tua bersedih dan menemui jalan buntu bisa terjawab dengan upaya restorasi selaput dara, walaupun terapi psikologis tidak kalah penting dalam rangka membangun kembali kepercayaan diri para wanita dan anak anak korban perkosaan. Berikut adalah data dan hasil pengalaman dr. HRM selama berkiprah dalam operasi selaput dara yang mulai di catat sejak tahun 2008.

diagram1

diagram5

diagram4

diagram3

diagram2

Aesthetic, Plastic & Reconstructive Surgery is just not a job, it's a talent ! Up