» BIBIR SUMBING
PENGUNJUNG
012488
Visit Today : 1
Visit Yesterday : 46
This Month : 47
This Year : 8117
Total Visit : 12488
Hits Today : 1
Total Hits : 20719

BIBIR SUMBING

BIBIR SUMBING

Tidak ada orang yang lebih memahami perasaan anda saat ini selain orang yang telah mengalami hal yang sama. Semua anak adalah hadiah yang  istimewa, akan tetapi beberapa dari mereka lahir dengan kebutuhan khusus. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda memahami dan merawat anak-anak anda.

Bibir sumbing dan celah langit2 merupakan kelainan sejak lahir (kongenital) akibat gangguan saat pertumbuhan janin atau kelainan genetik/ bawaan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh faktor pengaruh luar saat kehamilan (embriogenesis) seperti nutrisi, radiasi, toksin, obat, infeksi, dan, sedangkan kelainan genetik bawaan menyebabkan gangguan pertumbuhan sejak awal sebelum proses embriogenesis.

Derajat keparahan kelainan ini mulai dari celah bibir sederhana yang sulit diperhatikan sampai dengan kompleks yang dapat disertai celah langit2 dan kelainan bawaan lainnya (sindroma).

  • Apa itu celah bibir?
  • Perawatan celah bibir
  • ASI? Harus itu!
  • Memerah ASI dan penyimpanannya
  • Kasus celah bibir
  • Tahap operasi
  • Yayasan, RS dan persyaratan
  • Operasi dan anestesi
  • Perawatan pasca operasi

 

Apa Itu Celah Bibir?

Celah bibir adalah keadaan di mana bibir, gusi dan langit-langit tidak bersatu dengan semestinya. Gangguan ini terjadi pada usia kehamilan 6- 8 minggu, dengan bermacam-macam sebab. Kekurangan asam folat,infeksi Rubella, pemakaian obat-obatan tertentu dan faktor keturunan adalah beberapa alasan mengapa anak anda sumbing. Kami masuk dalam semua kategori di atas, dan sempat saling menyalahkan selama beberapa minggu pertama. Akan tetapi, kami akhirnya menyadari bahwa melihat ke belakang tidak ada gunanya, toh nasi sudah menjadi bubur. Yang penting sekarang adalah anak kami, bagaimana kami dapat membantu dia dan kami sendiri. Untuk catatan, jika ini adalah anak pertama anda, dan anda berencana memiliki anak kedua, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Pastikan apakah ada nenek moyang atau saudara yang berbibir sumbing. Jika ya, sebaiknya anda pikir ulang karena kemungkinan besar anak anda yang kedua atau ketiga juga berbibir sumbing.
  • Periksa TORCH di laboratorium. Hal ini sudah diwajibkan untuk semua pasangan yang akan menikah.Tapi anda bisa saja terinfeksi saat anda hamil, jadi sebaiknya periksa ulang. Tidak seperti tokso yang bisa diminimalisir, rubella tidak bisa disembuhkan. Hindari makan daging separo matang, seperti sate kambing, juga bisa membantu anda terhindar dari tokso atau rubella.
  • Hindari pemakaian obat2an tanpa resep dokter. Obat2an di sini termasuk jamu di pasaran, obat2an bebas yang dijual di apotik,obat jerawat, cat rambut, cat kuku, kosmetik yang mengandung pewarna dan pemutih, termasuk juga lipstick.Tidak dandan tidak masalah asal bayi aman.
  • Sebelum hamil, penuhi kebutuhan asam folat dengan hati sapi (liver), brokoli, jeruk, bayam, roti, susu. Hati sapi tidak boleh dikonsumsi lagi begitu ibu hamil.

 

Perawatan Bayi Celah Bibir

Kebanyakan bayi dengan celah bibir memiliki kesulitan untuk minum, ini karena bibirnya tidak bisa menyegel puting ibu atau dot, refleks menghisapnya juga lemah. Untuk hari-hari pertama, biasanya bayi diberi minum melalui selang hidung. Meski terlihat sakit dan tidak nyaman,bayi lebih kuat dari yang kita kira. Selang hidung atau sonde membantu bayi mendapat nutrisi yang cukup.Jika bayi sudah diijinkan pulang dan refleks menghisapnya bagus, dokter  akan menyarankan supaya bayi menyusu langsung dari ibu atau minum dengan botol khusus atau sendok. Setiap memberi minum bayi, harus dalam keadaan bayi duduk 45 derajat. Tidak boleh memberi bayi minum dalam posisi tidur, karena susu bisa masuk ke hidung, paru-paru dan telinga.

cleft

Saat bayi terlihat gelisah ketika disusui, segera sendawakan bayi.Ini karena mulutnya terbuka, sehingga baru minum susu sedikit saja dia sudah merasa tidak nyaman. Setelah disendawakan, segera diberi minum lagi sampai bayi kenyang.Bayi baru lahir biasanya minum setiap 2 – 3 jam, dengan takaran 60 – 80 cc. Untuk bayi yang ASI tidak ada takaran, bayi boleh minum sebanyak-banyaknya.

Setiap habis minum, beri minum air putih supaya mulutnya bersih. Perawatan ini sangat bagus untuk gigi mereka di masa depan. Untuk menggosok gigi, sediakan mangkuk berisi air hangat dan kasa steril. Kasa dibebatkan di jari telunjuk, celupkan di mangkuk dan bersihkan lidah, gusi serta langit- langit bayi yang penuh dengan lendir dan bekas susu.

Yang WAJIB diingat :

  1. Saat memandikan, hati-hati supaya air tidak masuk ke telinga. Jangan dikorek –korek,cukup dibersihkan luarnya saja.
  2. Jangan sampai ada asap rokok dekat bayi.Bapak-bapak ya, tolong diperhatikan. Asap rokok langsung masuk ke paru- paru bayi karena dia tidak bisa menutup mulutnya. Jangan menyiksa bayi anda.
  3. Selalu cuci tangan sebelum memegang bayi.
  4. Bayi jangan boleh dicium – cium untuk mencegah batuk pilek, karena bayi harus sehat benar untuk bisa dioperasi.
  5. Jangan menyapu dekat bayi.
  6. Rumah harus bersih dari debu dan bulu binatang.

 

ASI ? Harus itu!

Kami menyarankan agar bayi diberi minum ASI, langsung atau dengan botol. ASI mengandung nutrisi yang diperlukan bayi, dan ajaibnya, kandungan nutrisi di ASI berubah-ubah menyesuaikan kebutuhan bayi. ASI adalah imunisasi setiap hari bagi bayi. Keuntungan memakai ASI adalah:

  • Murah ( jatah uang formula bisa ditabung untuk operasi)
  • Bayi lebih sehat ( bayi jarang sakit, sehingga uang pengeluaran untuk berobat bisa ditekan)
  • Berat badan bayi cepat naik( bayi fit dan memenuhi syarat untuk dioperasi)
  • ASI aman dari bakteri, segar dan tidak perlu repot.
  • Bayi jarang kena infeksi telinga ( yang umum terjadi pada anak – anak dengan CB).
  • Sangat bagus untuk anak yang lahir dengan gangguan jantung (yang biasanya juga didapati pada anak – anak CB).
  • Bentuk gigi lebih bagus.
  • Bagus untuk pemulihan pasca operasi karena mengandung zat pelawan infeksi atau antibiotik alami.
  • Mengurangi depresi pada ibu dan membuat ibu lebih relaks.

Hari pertama setelah bayi lahir, anda akan memproduksi kolostrum, ASI yang berwarna kekuning-kuningan. Kolostrum ini bagus untuk daya tahan tubuh bayi,jangan dibuang.Segera dipompa dan diberikan pada suster untuk diberikan kepada bayi ( baca : Memerah ASI dan penyimpanannya).

ASI yang putih akan keluar dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Jangan merasa bahwa payudara kecil atau tidak keluarnya susu setelah bayi lahir berarti anda tidak bisa menyusui. Payudara kecil atau besar tidak ada hubungannya dengan lancarnya ASI.ASI akan keluar jika bayi menyusu dengan benar ( lihat posisi menyusui yang benar), semakin banyak dia menyusu, ASI akan keluar. Produksi ASI juga dipengaruhi oleh kelelahan, ketakutan, ketegangan dan rasa sakit.Bisa dipahami kalau ibu merasa kecewa dan marah mengetahui bayinya CB. Suami dan keluarga harus menghibur dan mendorongnya untuk mencintai bayi apa adanya, sehingga ASI tidak kering.Dokter bisa memberi anda obat untuk melancarkan ASI , seperti Moloco atau Lancar ASI.Untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, disarankan juga untuk minum ObiPlus atau vitamin untuk kalsium dan tulang, minum air dan jus buah yang banyak, makan makanan yang bergizi dan tidur yang cukup.

Untuk merangsang bayi yang sulit menyusu dan capek, buka baju bayi dan bungkus dengan selimut, tempelkan perut bayi dengan perut ibu( kulit dengan kulit)

Ada 3 macam urutan ASI saat anda menyusui( setelah fase kolostrum):

  1. Foremilk (bening dan encer) ini ASI untuk “minum”, kurang bergizi dan tidak mengenyangkan.
  2. Transitional / transisi dari foremilk ke hindmilk.
  3. Hindmilk (putih dan kental) ini ASI untuk “makan”, bergizi dan mengenyangkan.Sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Jangan cepat-cepat memindahkan bayi dari satu payudara ke payudara lain.Pastikan dia mendapat 3 macam susu dari 1 payudara dulu, baru dipindah.

Memerah ASI dan penyimpanannya

Memompa bisa dengan 3 cara : elektrik, manual dan dengan tangan.

 

Penyimpanan ASI

  • Botol susu harus kering dan bersih saat akan digunakan.
  • ASI dalam suhu kamar bisa tahan 6 – 10 jam.
  • ASI yang ditaruh di dalam kulkas ( di bawah freezer) tahan sampai 8 hari. Jangan disimpan di pintu kulkas, tapi di rak dalam.
  • ASI yang disimpan di kulkas tahan sampai 3 bulan.
  • Diberi tanggal dan waktu pemerahan, untuk menghindari pemakaian susu kadaluwarsa.
  • Sebelum diminumkan, direndam dalam air hangat sambil diputar-putar supaya krimnya tercampur dengan susu.Jangan direbus karena kandungan gizinya bisa rusak.

Ingat bahwa kondisi bayi anda berbeda dengan bayi lain.Dia harus fit dan sehat untuk menjalani operasi dan masa pemulihan.ASI adalah yang terbaik dan memberi semua yang bayi butuhkan.Formula termahal pun tidak ada artinya dibandingkan dengan ASI. Jangan biarkan rasa marah, kecewa dan kata2 orang menghalangi anda dari memberikan yang terbaik untuk bayi.

 

Macam – macam kasus celah bibir

Ada beberapa kasus celah bibir, tergantung pada tingkat keparahannya.Karena bibir dan langit – langit itu berkembang secara terpisah, maka ada kasus di mana bibir terbuka, tapi langit tidak ; atau langit – langit terbelah tapi bibir normal.

Tingkat keparahan menentukan jumlah operasi yang akan dilakukan. Secara garis besar, operasi pada bibir sumbing mencakup:

  • Operasi penyatuan bibir dan hidung. Biasa dilakukan pada usia 3 – 6 bulan. Bisa dilakukan lebih awal jika ada kondisi bayi parah, seperti terancam tuli atau flu terus-menerus.
  • Operasi langit – langit.Dilakukan saat bayi usia 9 – 18 bulan, di mana bayi sudah besar dan siap. Operasi ini penting karena mempengaruhi cara bicara bayi.
  • Operasi bone graft

Operasi ini akan dilakukan saat gigi tetap anak tumbuh,kira-kira saat usia 8 tahun. Untuk menyambung gusi, tulang dari selangka atau kepala diambil lalu ditanam.

  • Operasi kosmetik

Operasi ini untuk memperbaiki bentuk bibir atau hidung supaya mendekati normal. Akan dilakukan saat masa pertumbuhan sudah terhenti, 16 tahun untuk wanita dan 18 tahun untuk pria.

 

Sebelum operasi

  • Bayi akan dibawa ke laboratorium untuk tes  darah dan rontgen paru-paru(tidak selalu). Kalau pembekuan darah bayi kurang memenuhi standard, operasi bisa ditunda bisa tidak. Tapi orang tua harus siap jika sewaktu – waktu harus transfusi darah( yang biasanya sangat jarang terjadi).
  • Tim dokter akan memastikan kesiapan tubuh bayi untuk operasi,biasanya dilakukan sehari sebelumnya.
  • Apa ada saudara yang meninggal setelah dibius? Apa anak pernah menderita anemia, asma atau bronchitis? Apa ada keluarga yang alergi obat? Hal ini penting karena dokter bius akan menanyai anda sebelum operasi. Juga kalau anak ada gejala cacar air, pembiusan bisa menyebabkan cacat otak.Jangan datang dengan jawaban tidak tahu!
  • Bayi harus puasa 6 jam sebelum operasi. Biasanya orang tua jadi panik saat bayinya menangis dan tergoda memberi minum…sedikiiit aja gapapa kan? Sebaiknya JANGAN. Bayi bisa muntah saat dia bangun dari efek obat bius, bayi jadi tersedak atau muntahnya mengenai jahitan.Untuk bayi yang diberi ASI, puasanya bisa lebih singkat, 3 jam sebelum operasi.

Orang tua bayi harus tenang. Menurut dokter kami, bayi juga merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya. Jangan panik atau berpikir yang tidak- tidak. Alihkan perhatian dengan membaca buku, menulis diary, mengobrol dengan teman, dan tidur Tidur sangat penting karena 1 minggu pasca operasi akan menguras tenaga.

 

Detik-detik menegangkan

Bayi anda sudah di ruang operasi. Anda takut, penasaran dan ingin terus memastikan bahwa dokter akan melakukan yang terbaik. Semua orang tua mengalami hal ini ; sedih karena tidak bisa menggantikan anaknya di meja operasi, menolak operasi karena toh mereka mencintai anaknya apa adanya, tidak bisa membayangkan rasa sakit pasca operasi. Jikalau anda bisa, anda akan lari ke ruang operasi menggantikan dokter atau anak anda.Tapi, operasi ini untuk kebaikan di masa yang akan datang.Kita harus percaya pada dokter dan berserah kepadaNya.Kita harus bersyukur ada orang yang mau susah-susah belajar ilmu kedokteran yang sedemikian njelimet sehingga ada harapan untuk anak-anak kita. Karena kita tidak bisa masuk dan lihat prosedurnya langsung, kita bisa mengintip prosedur penyambungan bibir dan langit-langit.

Untuk Bibir

clp 1

Untuk langit-langit

clp 2

Garis putus-putus putih menunjukkan bagian yang disayat dan dijahit.

 

 

Setelah Operasi Bibir

  • Akhirnya detik detik menegangkan itu berlalu, dokter memanggil anda masuk dan melihat bayi anda, dengan wajahnya yang baru. Mukanya akan seperti ditabrak truk; bengkak, merah dan berdarah.Bayi akan kedinginan karena efek obat bius, jangan lupa bawa selimut yang banyak.Setelah beberapa jam, dia akan merasa kepanasan, kipas akan sangat membantu.
  • Dokter bius akan memberitahu anda kapan bayi boleh diberi minum, Joel diberi minum teh manis 1 jam setelah operasi.Susu baru boleh diberikan kalau perut bayi bisa menoleransi teh. Wajar jika bayi muntah dahak dan darah setelah minum.Tidak wajar kalau bayi muntah 12 jam setelah operasi, dokter harus segera diberitahu.
  • Suster punya beberapa pasien untuk dirawat, anda hanya punya satu, bayi anda sendiri. Dokter akan mengajari anda merawat jahitan. Jahitan harus dibersihkan setelah minum, jangan sampai ada darah mengering di atas jahitan. Setelah beberapa minggu, bekas jahitan bisa dipijat untuk mengurangi tampilan luka.( baca Memijat luka)
  • Usahakan bayi tidak menangis keras setidaknya seminggu setelah operasi. Bayi diam kalau digendong, nyaman, dan kenyang.
  • Tangan bayi jangan sampai kena bekas jahitan, selain untuk hasil yang bagus juga untuk menghindari infeksi. Bayi mungkin akan menangis, apalagi kalau dia biasa tidur dengan ngempeng jari.
  • Jangan coba-coba memberi air jeruk untuk menyenangkan bayi. Air jeruk mungkin memberi sensasi berbeda di lidah bayi, tapi tidak berguna. Tetap berikan ASI.
  • Selama setahun pasca operasi, usahakan supaya bekas luka tidak terkena sinar matahari, bekasnya bisa tambah kelihatan.
  • Bayi diberi minum dengan sendok. Bayi bisa kembali ke botol dengan ijin dokter. Beda dokter, beda aturan.Ada yang memberi batasan 2 minggu, 4 minggu atau malah beberapa jam setelah operasi.Ada dokter yang  berpendapat bahwa menangis akan merusak jahitan, tapi menyedot juga merusak menurut dokter yang lain. Susah juga, karena bayi pasti menangis kalau dia mau ngempeng.Maka dari itu, bayi harus disapih seminggu sebelum operasi.
  • Merasa kehilangan bayi anda? Perasaan anda normal. Tidak apa-apa kalau anda merasa aneh, siapa bayi bermuka bengkak ini , mana bayi yang saya gendong selama 3 bulan ini? Anda akan belajar mencintai muka bayi anda yang baru, bisa dalam hitungan minggu atau bulan.

 

Setelah Operasi Langit – langit.

  • Infus akan dibutuhkan karena balita anda tidak bisa minum dan makan sebanyak biasanya.
  • Tangan anak harus jauh-jauh dari infus atau mulut. Ada kasus di mana anak hampir mencabut benang dari langit-langit atau jarum infus.
  • Anak tidak  boleh ngempeng, jadi hanya bisa makan dan minum susu pakai sendok. ( baca Trik memberi makan bayi dengan botol)

 

Yang harus dibawa ke Rumah Sakit :

  • Selimut yang banyak untuk pasca operasi
  • Baju bayi dengan kancing depan supaya tidak mengenai jahitan.
  • Popok sekali pakai untuk kenyamanan bayi
  • Cotton bud / lidi kapas untuk membersihkan luka jahitan.
  • Mainan favorit bayi
  • Pakaian lama karena mungkin saja kena muntah atau darah bayi.
  • Selendang
  • Peralatan memerah ASI

 

Aesthetic, Plastic & Reconstructive Surgery is just not a job, it's a talent ! Up